SEKILAS INFO
08-12-2021
  • 1 bulan yang lalu / Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H
  • 5 bulan yang lalu / INFO JADWAL KEGIATAN TES PEMINATAN AKADEMIK KELAS X SMAN 1 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2021/2022 ( MENU PENGUMUMAN)
  • 7 bulan yang lalu / Hasil seleksi tahap 1 dapat dilihat pada hari Jumat, 7 Mei 2021 pkl 08.00 wib. Silahkan pilih kab/kota sekolah tujuan kemudian login dengan menggunakan nisn dan pin pada menu pengumuman di web https://ppdbjatim.net/
18
Jul 2020
WORKSHOP PEMBELAJARAN DARING DAN PENYUSUNAN PERANGKAT MENGAJAR SMAN 1 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Dalam rangka menyambut Tahun Pelajaran 2020/2021 SMAN 1 Madiun menyelenggarakan Workshop Pembelajaran Daring dan Penyusunan Perangkat Mengajar di Aula SMAN 1 Madiun mulai hari Senin s.d Kamis, tanggal 13  s.d 16 Juli 2020.

Menurut Kepala SMAN 1 Madiun Mahmudi, S.Pd., M.Si. tujuan dilaksanakan Workshop tersebut adalah :

  1. Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Perangkat Mengajar Merdeka Belajar,
  2. Meningkatkan kemampuan guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),
  3. Meningkatkan kemampuan guru di bidang IT untuk menunjang Pembelajaran Daring sebagai bagian dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Mahmudi, S.Pd., M.Si. mengatakan bahwa Pelaksanaan Workshop Pembelajaran Daring dan Penyusunan Perangkat Mengajar Tahun Pelajaran 2020/2021 dilaksanakan dalam 2 bentuk kegiatan yaitu :

  1. Praktek (Senin dan Rabu, tanggal 13 dan 15 Juli 2020)
    1. Praktek Pembelajaran Daring menggunakan Google Classroom dan Zoom Meeting,
    2. Praktek Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Jarak Jauh,
    3. Praktek Penyusunan Perangkat Mengajar Merdeka belajar.
  1. Paparan Materi (Kamis, tanggal 14 s.d 16 Juli 2020)
    1. Perencanaan Pembelajaran Jarak Jauh,
    2. Perangkat Mengajar Merdeka Belajar.

Lebih lanjut Mahmudi, S.Pd., M.Si.   menyampaikan bahwa diharapkan pada  awal Tahun Pelajaran 2020/2021 ini  guru SMAN 1 Madiun sudah siap melaksanakan pembelajaran jarak jauh  mulai dari perencanaan pembelajarannya maupun teknis pelaksanaan pembelajaran daring  menggunakan Google Classroom, Zoom Meeting, Webex maupun aplikasi pembelajaran yang lain.

Mahmudi, S.Pd., M.Si. juga menyampaikan bahwa sesuai Panduan Pembelajaran Jarak Jauh dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur, maka beban belajar Kuikulum 2013 yang semula mingguan berubah menjadi 2 mingguan dengan memanfaatkan penambahan maksimal 2 jam mata pelajaran secara keseluruhan. Menurut Mahmudi, S.P., M.Si. berdasarkan Panduan tersebut maka terdapat beberapa mata pelajaran yang hanya muncul 2 minggu sekali, misalnya Pendidikan Agama akan muncul 2 minggu sekali dengan alokasi waktu 3 jam pelajaran, PKWu akan muncul 2 minggu sekali dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran, dan  ada mata pelajaran yang muncul 2 jam setiap minggunya, misalnya Matematika Peminatan, Bahasa Indonesia dan sebagainya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun Supardi, S.H., M.Pd. dalam sambutannya saat  Pembukaan Acara Workshop mengatakan bahwa penyelanggaraan workshop di SMAN 1 Madiun sangat baik dalam rangka memberi bekal guru mempersiapkan diri menghadapi proses kegiatan belajar jarak jauh di masa pandemi covid-19.  Lebih lanjut Supardi, S.H., M.Pd. mengatakan jika sebelumnya guru mengajar secara tatap muka, maka begitu ada pandemi Covid-19, guru harus segera menyesuaikan diri mengajar dengan cara daring melalui berbagai platform pembelajaran yang ada. Terlebih lagi, selama 1 semester ke depan, pembelajaran dimungkinkan masih menggunakan pembelajaraan jarak jauh, mengingat perkembangan pandemi covid-19  belum menunjukkan hasil yang lebih baik, dimana penderita di Kota Madiun tidak berkurang tapi justru bertambah.

Supardi juga mengatakan bahwa guru sebagai ASN tetap bekerja di kantor dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19, sedangkan siswa belajar di rumah melalui pembelajaran jarak jauh baik melalui daring maupun luring sesuai Panduan Pembelajaran Jarak Jauh yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur.

Pengawas Pembina SMAN 1 Madiun, Drs. Hari Suryanto, M.M. dalam paparan Materi Penyusunan Perangkat Mengajar Merdeka Belajar mengatakan bahwa guru sebagai ujung tombak pendidikan terutama di masa pandemi Covid-19 harus terus meningkatkan kompetensi yang menunjang pembelajaran jarak jauh. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh adalah guru harus mampu menyusun perencanaan pembelajaran jarak jauh.

Acara yang diselenggarakan selama 4 hari berturut-turut tersebut diikuti dengan penuh kesungguhan dan motivasi tinggi dari guru-guru SMAN 1 Madiun. Terbukti dari antusiasisme guru-guru saat mengikuti kegiatan tersebut dari awal hingga berakhirnya kegiatan.

SELAMAT BERKARYA….. 

BERSAMA MEMBANGUN INSAN YANG BERKARAKTER, BERILMU DAN BERPRESTASI….

Data Sekolah

SMA NEGERI 1 MADIUN

NPSN : 20534125

Jl.Mastrip No.19 Madiun
KEC. Taman
KAB. Kabupaten
PROV. Jawa Timur
KODE POS 63139

Agenda