SEKILAS INFO
08-12-2021
  • 1 bulan yang lalu / Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H
  • 5 bulan yang lalu / INFO JADWAL KEGIATAN TES PEMINATAN AKADEMIK KELAS X SMAN 1 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2021/2022 ( MENU PENGUMUMAN)
  • 7 bulan yang lalu / Hasil seleksi tahap 1 dapat dilihat pada hari Jumat, 7 Mei 2021 pkl 08.00 wib. Silahkan pilih kab/kota sekolah tujuan kemudian login dengan menggunakan nisn dan pin pada menu pengumuman di web https://ppdbjatim.net/
28
Feb 2020
DOA BERSAMA DALAM RANGKA MENGHADAPI USP-BKS, UNBK DAN UTBK

Pada hari Jumat, tanggal 28 Februari 2020 bertempat di Halaman Upacara SMAN 1 Madiun diadakan Doa Bersama dalam rangka menghadapi USP-BKS, UNBK dan UTBK. Doa Bersama tersebut diikuti oleh semua guru dan staff TU, orang tua siswa kelas XII, siswa kelas XII, XI dan X.

Acara Doa Bersama dimulai pukul 06.45 dengan bacaan Al Qur’an oleh ananda Dyah Ayu Kartikawati. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMAN 1 Madiun, Drs. Imron Rosidi, M.Pd. Dalam sambutannya Drs. Imron Rosidi, M.Pd. mengatakan bahwa Allah swt itu sesuai prasangka hambaNya, oleh karena itu hendaknya kita senantiasa berprasangka yang baik agar Allah swt memberikan kebaikan pada kita.

Acara dilanjutkan dengan Sholat Dhuha berjama’ah 4 rokaat kemudian membaca bacaan Istighotsah. Sebagai Imam sekaligus pemandu membaca bacaan Istighotsah adalah Kyai Haji Sholeh Marzuki dari Kelun Kota Madiun.

Setelah selesai membaca bacaan Istighotsah Kyai Haji Sholeh melanjutkan dengan memberi ceramah atau Mauidhoh Hasanah.

Dalam mauidhohhasanahnya Kyai Haji Sholeh mengingatkan kepada peserta Doa Bersama agar selalu Berbakti pada orang tua.

Kyai Haji Sholeh mengingatkan bahwa Allah swt menyuruh kita berbuat baik pada orang tua karena ridho orang tua adalah kunci meraih kesuksesan.

Beliau mengatakan ada beberapa akibat jika berani pada ortu, yaitu 1) Sulit mencari sandang pangan, 2) Susah mencari obat jika sakit, 3) Harta yang diperolehnya tdk akan membawa kebahagian.

Kyai Haji Sholeh mengatakan bahwa orang tua itu tidak hanya orang yang telah melahirkan dan merawat kita, tetapi guru-guru di sekolah juga merupakan orang tua yang akan menjadi penyebab kita meraih kesuksesan.

Beliau mengatakan ada 4 hal yg harus kita upayakan dalam kehidupan ini : 1) Senang mengajarkan kebaikan (menjadi guru) , 2) Menyenangi orang yang mengajarkan kebaikan (guru), 3) Senang belajar, 4) Senang mendengarkan yg baik.

Kyai Haji Sholeh menyampaikan bahwa menjadi guru adalah hebat karena kebaikan2 yg disampaikan pada anak didik akan menjadi amal jariyah.

Kyai Haji Sholeh juga mengatakan bahwa ganjaran berbuat kebaikan itu adalah : 1) Sesuai kebaikan yg dilakukan, 2) Lipat 10x, 3) Lipat 700x, 4) Berlipat lipat hanya Allah swt yang tahu.

Dalam acara tsb Kyai Haji Sholeh juga mengingatkan kepada peserta Doa Bersama agar selalu mengerjakan dan menjaga sholatfardhu. Beliau mengatakan bahwasholat yang bagus itu adalah : 1) Sesuai waktunya, 2) Sesuai syarat dan rukunnya, 3) Sholatyg dikerjakan dengan khusuk, 4) Sholat yang dikerjakan dengan berjama’ah.

Terkait sholatberjama’ahKyai Haji Sholeh mengatakan bahwa faedah sholatberjama’ah itu luar biasa : 1) Jika Imam baik, makmungak baik, sholat dianggap baik, 2) Sebaliknya jika Imam tdk baik namun makmun baik maka sholatnya dianggap baik oleh Allah swt, 3) Jika Imam dan makmuntdk ada yg baik, maka barisan shofsholat ya dianggap baik oleh Allah swt.

Selesai Mauidhoh Hasanah Acara Doa Bersama diakhiri dengan permohonan maaf dan jabat tangan dari semua siswa kelas XII kepada orang tua dan bapak ibu guru, Staff TU sekaligus memohon doa restu agar Allah swt memberi kemudahan dalam mengikuti berbagai ujian yang akan mereka hadapi.

Data Sekolah

SMA NEGERI 1 MADIUN

NPSN : 20534125

Jl.Mastrip No.19 Madiun
KEC. Taman
KAB. Kabupaten
PROV. Jawa Timur
KODE POS 63139

Agenda